Guruku DR.Zaimmudin, MA

Salah satu Guru Besarku (Motivator) DR.Zaimmudin, MA

lesnapurnawan wawan LPN

Salah satu Guru Besarku (Motivator) DR.Zaimmudin, MA yang biasa aku sapa Prof ini memang memiliki postur fisik yang menyerupai Profesor, beliau adalah seorang yang aku anggap sebagai guru, guru dalam segala hal bukan hanya sebagai guru,guru pada umumnya namun lebih dari itu beliau juga menjadi bapak,bapak yang tidak hanya menjadi seorang bapak namun juga lebih dari itu beliau juga menjadi seorang teman yang mampu memberikan rasa semangat, semangat untuk hidup, penuh kepastiaan.

Pak Zaim adalah seorang Dosen Filsafat di Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta UIN Jakarta. Beliau juga seorang yang aktif di bebaai organisasi salah satunya sebagai anggota Muhaddiyah. Didalam disertasinya juga meneliti tentang Muhaddiyah, bagiku aku tak pernah mempersoalkan status beliau sebagai apa dan berada di organisasi apa, yang aku pandang ialah dia seorang yang berilmu yang mampu memberikan ilmunya karena kecintaanya terhadap hamba-hamba Alloh, tapa megharap suatu ibalan apapun dan didalam memberikan ilmunya penuh dengan kesabaran, penuh dengan keceriaan, tak pernah sekali pun beliau membentak atau marah, beliau sangat sabar tatkala aku mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang aku anggap “nyleneh”. Prof ini tinggalnya tak jauh dari tepat diamana aku tinggal, sangat berdekatan sekali hanya dibatasi satu dinding untuk bisa kerumah Prof, dan begitu juga kerumah dimana aku tigggal.

Prof selalu menyempatkan untuk bertemu denganku, jadual utamanya satu minggu 3 kali, kadang kalo prof lagi gak keluar kota bisa hampir tiap hari kita berdiskusai. Ketika aku bersekolah Paket B Prof lah yang mencarikan aku tempat sekolah, begitu juga ketika aku mau bersekolah di Paket C beliaulah yang berjasa terhadap semuanya, tak pernah mengeluh, tak pernah “sambat” dalam memberi wejangan-wejagan. Setelah aku lulus dari Paket B, C beliau memberi semangat yang luar biasa yang menjadikan aku nekat untuk kuliah.

Beginilah wejangan Prof ke aku “ yakinlah bahwa Alloh pasti membantu kepada orang-orang yang mau sekolah” arti tegasnya Alloh memberi jalan kepada hamba-hambanya yang mau sekolah (mencari ilmu). Dari situlah aku makin terbangun semangat yang luar biasa didalam hidupku, rasa takut kalo-kalo tidak sangup membayar biaya kuliah sudah terhapus dari dalam pikiranku yang terdalam. Prof, tidak pernah berhenti memberikan wejangan-wejangan, supaya cara berfikirku tak kampungan atau bahkan ndeso lagi, Prof mangajarkan aku untuk berfikir yang lebih realistis tentang hidup ini, juga mengajarkan aku untuk selalu berfikir yang lebih fungsional, bijak dan arif, serta selalu mengedepankan perasaan penting orang lain. Banyak masalah dalam kehidupanku aku diskusikan dengan prof dimana hasil pikiranku sangatlah berbeda dengan pemikiran prof, prof selalu berfikir tidak hanya dari satu perspektif, namun prof menilai suatu masalah dari berbagai perspektif, prof selalu mengkomparasikan masalahku dengan masalah orang lain, prof juga mengajarkan bagaimana bersikap sabar, arif, dan bijaksana, juga didalam hidup ini harus komplementer. Beliau selalu berpesan ke aku “didalam setiap menghadapai masalah jangan hanya berharap masalahmu saja yang teratasi namun ajarkanlah orang lain untuk mendapatkan pelajaran yang berharga darimu” sungguh sangat “awang-awangngen” untuk bisa mengaplikasikan apa yang beliau katakan, namun setelah aku analisa sangatlah mungkin dan bisa diterima apa yang beliau katakan. Sedikit tulisan ini semoga kiranya selalu bermanfaat buat diriku dan mudah-mudahan bermanfaat buat siapapun yang membacanyan.. Amiiin… •

  • TUHAN PASTI MEMBERI JALAN BAGI HAMBA-HAMBANYA YANG BENAR-BENAR SERIUS DALAM MENCARI ILMU”
  • “Berpikir bisa supaya kita bisa”, adalah kunci dari bisa. 
  •  Sabar dan ikhlas kunci dari sesuksessan.
By lesnapurnawan

Tinggalkan Balasan

