Auto Biagrafi Sekolah Lesna Purnawan

  Auto Biagrafi Sekolah Lesna Purnawan

 

Graphic1Perjalan ini patut selalu aku kenang dan semestinya aku ingat sepanjang hidupku dan, semoga bisa menjadi motivasi buat anak2ku kelak nantinya,  semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca.

 vespa mania

Tatkala aku masih duduk dibangku sekolah dasar SD aku sudah berjuang untuk menyelesaikan pendidian sekolah dasarku. pagi hari aku menjalankan aktivitas yang paling aku sukai yaitu berangkat sekolah, setelah pulang sekolah aku harus menjadi “maling kayu” ilegal logging mencari kayu untuk aku jual ke tengkulak dengan harga Rp. 5000-10000 per kubik. Alhasil dari aku menjadi maling kayu aku bisa menyelesaikan pendidikan sekolah dasarku.  

Sekolah menengah pertama adalah dambaanku tatkala aku tamat dai sekolah dasar, karena lagi-lagi terbentur biaya aku urungkan niatku untuk melanjutkan sekolah.

Kota Solo adalah tempat tujuankku untuk merealisasikan cita-citaku dan harapanku, namun mungkin belum saatnya aku merealisasikan agan-anganku dari tahun 2001-2004 berada di Solo aku belum juga sekolah. Entah kenapa pada bulan April aku meninggalkan kota Solo dan menuju ke Jakarta.           

Mungkin ini dalah doaku selama ini dan ini adalah jawaban yang Alloh berikan ke aku. Di Jakarta aku bekerja sebagai  Kuli Bangunan, dari aku menjadi kuli Bangunan akhirnya aku bisa melanjutkan sekolah, walau hanya melalui pendidikan kesetaraan (paket B) namun aku sangat bersyukur sekali kepada Alloh, dan ucapan terimakasih buat konco2 dan sedulur2 yang membantu aku dengan doa. Hari demi hari aku lalui  Kuli bangunan masih menjadi ladang dimana aku merealisasikan harapan dan cita-citaku untuk sekolah, Alhamdulillah pendidikan Paket b telah aku selesaikan dengan baik. Selam 3 tahun aku manjalani kehidupan sebagai pelajar dan sebagai pekerja. Tepatnya tahun 2008 aku tamat dari paket C, dengan nilai yang begitu memuaskan hati, walau selam 3 tahun aku manantinya penuh dengan rintangan yang amat berat dan hampir-hampir membunuh cita-citaku.

 

Setelah aku selesai sekolah paket b harapan terbesar aku adalah aku bisa sekolah lagi di SMA umum (pagi), namun mengapa aku juga belum bisa memuaskan keinginanku untuk melanjutkan sekolah di SMA umum (pagi), sebab aku harus menghidupi diriku sendiri yang berada di perantauan, tak ambil pusing lagi akhirnya pendidikan kesetaraan paket C menjadi pemuas cita-citaku untuk sekolah. Tak mengapa yang penting sekolah dan mendapat ilmu begitu kataku dalam lamunanku, pemerintah juga melegalkan.         

Selama 3 tahun aku menjalani kehidupanku sebagi seorang pekerja & menjadi seorang pelajar, pagi hari waktuku aku gunakan antuk bekerja, malam hari aku gunakan untuk sekolah, sungguh banyak tantangan yang amat sangat sukar untuk dilupakan, tantangan yang sangat sukar aku lupakan dari dalam otakku yang paling dalam tatkala aku harus melawan rasa capek pada ragaku karena seharian aku harus bekerja sbagai seorang kuli banguna yang tak jauh dari angkat-menggangkat benda-benda yang sangat berat.        Bahkan tantangan yang tak kalah menarika datang dari konco2, sekitar tempat aku tinggal dan bekerja, konco2 dari satu kampung juga menjadi tantangan yang cukup memberatkan pikiran, mereka selalau memperolok-olokkan  statusku mereka pernah berkata dihadapanku ”apa gunanya sekolah toh kamu sekarang juga masih bekerja menjadi seorang kuli bangunan,” kata-kata itu yang sangat memacu semangat aku untuk tetap melanjutkan cita-citaku selama ini yaitu sekolah, dan orientasi dari aku sekolah adalah beribadah dan mencari ilmu yang kelak nantinya bermanfaat bagi aku dan orang lain di dunia dan akhirat. Bagiku kata-kata dari konco2ku adalah sebuah motivasi yang tak ternilai harganya, balasan kata-kata yang aku berikan buat  konco2 hanya sebuah doa yang baik bagi mereka.          

Kuliah menjadi gagasanku yang terbesar, sebuah harapan yang mesti terlaksana walau hanya dengan modal nekat, gagasan untuk kuliah harus terlaksana sebab ini sudah masuk dalam memoriku yang paling lama dan pertama.          

Aku sebenarnya sangat waras bahwa untuk bisa kuliah dibutuhkan biaya yang tidaklah sedikit, juga dibutuhkan dukumgan dari berbagai lapisan keluarga, namun itu semua hanya sebuah ketakuatan yang ada dalam jiwa2 manusia pada umumnya dan itu mesti dilawan, dikalahkan  dan dibunuh dari dalam pikiranku.         

Aku mencoba mengitung pendapatanku dari aku menjadi kuli bangunan, setelah aku hitung-hitung Rp 1.350.000 apabila aku bekerja selama 30 hari, itu pendapatan bruto yang aku peroleh dari aku bekerja. Pendapatan bruto itu masih harus aku bagi untuk biaya ngekos, biaya makan, biaya transpot,dll. Tapi tekatku begitu sangat mengebu untuk bisa kuliah, dengan berMODAL NEKAT aku mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Bekasi (STIM Budi Bakti) Bekasi, aku ngambil kelas malam dengan harapan aku bisa kerja dan melanjutkan cita-citaku untuk kuliah.

 Saat aku masih  paket c aku sudah merintis usaha sendiri yaitu usaha Broker (pedagang perantara), dari perantara orang jual tanah, mobil, motor, dan yang paling sering Spanduk digital, Pencetakan buku, dll. Mungkin itu yang menjadikan aku nekat untuk kuliah, daoak aku semoga berhasil dan bermanfaat untuk semua orang, ilmu yang aku dapat, dan apapun yang aku punya. 

Klimaksnya aku bisa kuliah dan itu semua tidak menjadikan aku sombong dan melupakan orang tuaku walau mereka selama ini tak berada di sampingku, namun aku yakin mereka selalu mendoakan aku, semoga ibuku bersyukur dan bangga atas semua yang aku perbuat selama ini dan semoga bapakku tersenyum manis di surga, melihat perjuangan hidupku…..Trimakasih Alloh yang sangat sayang ke aku, Trimakasih Ibuku yang selalu mendoakan aku, Trimakasih Bapak walau engkau sudah tak ada, Trimakasih buat semua konco-konco dan sedulur-sedulur yang membantu aku baik makian, cacian, omelan, itu kamu ucapkan karena kamu sangat sayang ke aku, bagiku itu adalah emas yang engkau berikan ke aku TRIMAKASIH………semoga Alloh membalas emua kebaikan kalian dengan balasan yang berlipat. Daokan aku semoga aku tetap kontinuitas, dan semangat dalam memperjuangkan perjuangan ini.          

Maha besar Alloh, apabila kita berusaha dan berdo’a pastilah Alloh memberi jalan,walau hanya MODAL NEKAT, jangan pernah mengatakan tidak bisa sebelum kita mencoba!!!! Jangan pernah menganggap suatu pekerjaan itu buruk, tapi lihatlah akibat yang akan kita dapat OJO ISEN KARO PEKERJAANMU.

 

Berpikir bisa adalah kuncinya. (berpikirlah bisa supaya bisa)

 

Salam sukses yang membaca!!!!

By lesnapurnawan

Tinggalkan Balasan

